Profil Prodi

| 21-11-2014   08:32:46 WIB

Program studi PGSD Universitas Ubudiyah Indonesia berjenjang Stara-1 resmi beroperasi sehubungan dikeluarkannya surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor: 45/E/O/2014 pada tanggal 29 April 2014 tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  Ubudiyah. Program studi strata 1 pendidikan guru sekolah dasar merupakan salah satu program studi yang berada di lingkungan FKIP, Universitas Ubudiyah Indonesia Banda Aceh. Program studi pendidikan guru sekolah dasar telah terakreditasi BAN-PT Tahun 2014. Visi dan misi program studi telah dirumuskan dengan merujuk kepada visi dan misi Universitas. Dengan demikian, diharapkan ada konsistensi antara visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis dengan hasil yang akan dicapai oleh Program Studi.

Seiring dengan perkembangan zaman, lembaga pendidikan dituntut meluluskan peserta didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi mutahir, memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam era gobalisai dan berdaya saing tinggi. Jenjang pendidikan grur sekolah dasar perlu mendapat perhatian secara serius, karena pendidikan di SD merupakan landasan yang akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan ke jenjang berikutnya. Untuk itu pemerintah harus berupaya menata dalam rangka mengantisipasi peningkatan mutu pendidikan di SD. Walaupun peningkatan guru SD dapat di upayakan dari banyak aspek, tetapi ada indikasi bahwa agar guru SD lebih mampu memahami anak SD dan bewawasan luas, maka guru SD perlu ditingkatkan kualitasnya sampai pada jenjang strata 1.

A. Visi Program Studi S1 PGSD:

“Menjadi program studi yang unggul dan berorientasi mutu di Indonesia dalam menghasilkan guru sekolah dasar (SD) yang memiliki etika islami, sains, teknologi dan inovasi pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia pada tahun 2025”.

B.  Misi Program Studi S1 PGSD :

Dalam mewujudkan visi Program Studi S1 PGSD UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA maka ditetapkan misi Program Studi S1 PGSD sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan mensinergikan hard skill dan soft skill yang dikembangkan dalam suasana akademik yang kondusif, berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta berorientasi pada kebutuhan stakeholder.
  2. Mengembangkan inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan dan pengajaran SD/MI untuk menghasilkan lulusan dalam bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, dan seni yang berkualitas, peduli terhadap kemanusiaan , dan berdaya saing tinggi
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan dapat menjadi rujukan dalam bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan sikap positif terhadap lingkungan masyarakat yang sehat dan sejahtera.
  5. Membangun organisasi yang sehat dengan menerapkan manajemen korporasi, akreditasi, penjaminan mutu, dan evaluasi diri secara berkesinambungan, dengan prinsip otonomi, transparansi, dan akuntabilitas.
  6. Menjalin kemitraan dengan stakeholders dan lembaga lain yang saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan kualitas baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

 C.   Tujuan Program Studi S1 PGSD, mencakup:

Untuk mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan di atas, perlu dirumuskan tujuan-tujuan yang berlandaskan pada relevansi dan atmosfir manajemen akademik, rumusan tujuan program studi PGSD UUI adalah untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang :

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai cara-cara berpikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur dan fakta penting sebagai dasar pengembangan pengetahuan lebih lanjut.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang perkembangan dan karakteristik anak usia SD/MI memiliki wawasan, sikap dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan di SD/MI;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat.
  4. Menghasilkan sarjana yang memiliki etika dan budaya ilmiah serta berkepribadian baik yang menunjang pengembangan profesi guru dan jiwa kewirausahaan.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) yang berkualitas professional, berkarakter dan berdaya saing tinggi)
  6. Menghasilkan produk penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas bagi kepentingan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
  7. Mengembangkan program pengabdian masyarakat sebagai wujud kepedulian institusi terhadap kehidupan masyarakat.