Renstra Prodi S1 PGSD UUI

| 19-11-2014   15:08:00 WIB

Rencana strategis prodi PGSD perlu dirumuskan berbagai tujuannya agar relevan terhadap visi, misi prodi dan universitas sehingga dapat terwujud atmosfir renstra yang produktif dan akuntabel. Tujuan Renstra  ini adalah untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai cara-cara berpikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur dan fakta penting sebagai dasar pengembangan pengetahuan lebih lanjut.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang perkembangan dan karakteristik anak usia SD/MI memiliki wawasan, sikap dan keterampilan keguruan untuk mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan di SD/MI;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat.
  4. Menghasilkan sarjana yang memiliki etika dan budaya ilmiah serta berkepribadian baik yang menunjang pengembangan profesi guru dan jiwa kewirausahaan.
  5. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang mengedepankan pendidikan kesederajatan (inklusif) yang berkualitas professional, berkarakter dan berdaya saing tinggi)
  6. Menghasilkan produk penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas bagi kepentingan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
  7. Mengembangkan program pengabdian masyarakat sebagai wujud kepedulian institusi terhadap kehidupan masyarakat.

Selanjutnya pada isu-isu strategis yang telah diidentifikasi akan dilakukan proses kemajuan dan penjabaran seiring sejalan dengan program kerja prodi. Prodi S1 PGSD pada Tahun 2015-2020 akan mengambil berbagai arah kebijakan dasar tersebut, pada:

  1. Mengembangkan dan memperkuat sistem, terutama academic regulation dan mekanisme manajemen yang standar (misalkan: pedoman prodi, panduan-panduan penelitian, bimtek/e-learning dosen beserta mahasiswa, pembimbingan, penulisan skripsi, program praktek lapangan pada mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional, penasehat akademik, monitoring dan evaluasi, dan standard operating procedure (SOP).
  2. Memperkuat hubungan peran dan fungsi kerjasama, sinergitas dengan sesama prodi, lembaga penjaminan mutu, dan lembaga terkait yang ada di lingkungan Universitas Ubudiyah Indonesia.
  3. Melakukan sosialisasi e-learning/website prodi kepada mahasiswa PGSD.
  4. Meningkatkan fungsi pengawasan yaitu monitoring dan evaluasi dalam rangka meningkatkan kinerja dosen yang terlibat sebagai pengajar di program studi S1 PGSD.
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dengan mengikuti berbagai ajang pelatihan/penataran dosen sesuai kebutuhan prodi.
  6. Meningkatkan kualitas, kuantitas sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran yang berbasis teknologi digital multimedia.
  7. Menghasilkan lulusan Program Studi S1 PGSD yang bermutu, professional, kompeten dan berdaya saing tinggi (salah satu barometer dapat dilihat dari rata-rata indeks prestasi kumulatif  ≥ 3.30).
  8. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam upaya-upaya pemecahan masalah pendidikan melalui berbagai kegiatan seminar, workshop dan pengabdian kepada masyarakat.